Untuk versi simpel klik disini (utamanya utk pengguna BB atau HP)

Kalender Event



—————————–
[ JANUARI ]
—————————–
PESTA REBA
Pesta Adat dari Kabupaten Ngada.
Bertempat di Kampung Bena 12 Km dari Kota Bajawa. Reba adalah Pesta Tradisional menyambut tahun baru ditandai dengan makan ubi bersama ditemani tari-tarian tradisional dengan iringan musik tradisional. Diramaikan pertandingan tinju tradisional. Pesta ini dirayakan setiap tahun pada Bulan Januari atau akhir Desember.
BIJALUNGU HIUPAANA
Upacara Adat dari Anakalang, Kabupaten Sumba Barat.
Ritual ini merupakan upacara sakral Merapu sebagai ungkapan syukur kepada sang pencipta sekaligus sebagai awal persiapan alat-alat pertanian dan persiapan jenis-jenis benih pada lahan yang akan ditanam.
PASOLA
Upacara perang tradisional dari Kabupaten Sumba Barat ini dilakukan dengan berkuda dan saling melempar lembing dari atas punggung kuda yang sedang berlari cepat antara dua kelompok yang berlawanan.
Acara ini dilaksnakan setelah upacara Ritual Nyale yaitu mencari cacing laut saat dini hari yang diawali dari Kodi, Lamboya, Wanokaka dan Gaura. Acara seperti ini juga ada di Kabupaten Sumba Timur namanya Hole yang diselenggarakan pada Bulan Maret di Pantai Kalala.
—————————–
[ FEBRUARY ]
—————————–
PAHORU
Dari Pulau Sabu, Kabupaten Kupang.
Upacara pengucapan syukur kepada penguasa alam yang diikuti dengan kegiatan atau atraksi perang-perangan antar pemuda, pawaikuda dan pada waktu malam hari ada tarian muda-mudi yang dinamakan Padoa. Acara ini diselenggarakan di tepi Pantai Kampung Bhodo, jaraknya 2 Km dari Kota Seba.
—————————–
[ MARET ]
—————————–
PATE BALOI
Upacara tradisional dari Kabupaten Alor.
Upacara pembukaan musim tanam pada minggu II bulan Maret yang ditandai dengan pemancangan tiang bambu kemudian membelah pinang serta dilanjutkan dengan makan bersama yang diiringi dengan tarian tradisional LEGO-LEGO. Acara ini tepatnya berlangsung di Kampung Takpala Desa Lembor Barat dimana juga terdapat Taman Wisata Alam Laut Selatan Pulau Pantar, kampung tradisional Mombang dan Bampola.
PROSESI JUMAT AGUNG
Dari Kabupaten Flores Timur.
Prosesi ini diawali pada akhir Maret hingga awal April.
Devosi terhadap Bunda Maria yang dilakukan oleh seluruh umat Katolik di Kota Larantuka, juga ada yang berasal dari luar daerah yang dilakukan secara turun temurun sejak abad XV yang lalu. Dan masih ada atraksi penunjang yaitu melihat dan berkunjung ke Kampung tradisional Muda Keputu, Kawaliwu Riang Kemie dan Wurek Adonara Barat dan Kongo.
RITUAL BOLE BUNDO
Dari Kabupaten Flores Timur.
Upacara ritual syukuran atas keberhasilan dalam perang atau panendi desa Lewatolo dan desa Sinar Hadding Kecamatan Tanjung Bunga. Upacara ini dilaksanakan setiap saat tergantung pada keperluan. Disekitar lokasi upacara ini masih ada kampung tradisional Riang Sungai, Danau Asmara dan Air Panas Oka.
—————————–
[ APRIL ]
—————————–
PERBURUAN IKAN PAUS
LAMALERA, Kabupaten Lembata.
Upacara tradisional dan keagamaan Penangkapan Ikan Paus atau Ikan Klaru dari Kecamatan Wulan Desa Lamalera, Kabupaten Lembata. Upacara berburu Ikan Paus oleh masyarakat dilaksanakan pada Bulan April atau Mei. Objek dan daya tarik wisata lain disekitarnya, yakni Pantai Pasir Putih Desa Bean, Desa Pasir Putih dan Musium tradisional Ikan Paus di Desa Benhading Kecamatan Wai Riang.
BUI IHI HOLE
Sabu, Kabupaten Kupang.
Yaitu upacara pengucapan syukur panen yang dirayakan dengan pertandingan Pehere Jara yang diiringi dengan musik tradisional seperti gong dan tambur disertai alunan syair dan lagu-lagu daerah. Sesudah acara pelepasan perahu Hole diikuti pementasan pertandingan perang tradisional, sabung ayam dan pada malam harinya diadakan tarian Padoa.
—————————–
[ MEI ]
—————————–
BEI MAU
Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Belu.
Upacara ritual adat dari Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Belu, dihadiri oleh masing-masing suku yang berhimpun di satu rumah adat, dimana dilaksanakan pemotongan hewan persembahan dan diiringi dengan tarian adat LIKURAI atau tarian dengan membawa tambur.
—————————–
[ JUNI ]
—————————–
ALA BALOI
Upacara adat dari Kabupaten Alor
Adalah upacara tolak bala, dilaksanakan pada bulan Juni di Desa Bampaloka Kecamatan Alor Barat Laut. Obyek wisata menarik di sekitar lokasi upacara ini adalah Kampung Tradisional Takpala, Mombang, Taman Wisata Alam Laut Alor dan Alor Kecil.
—————————–
[ JULI ]
—————————–
ETU
Tinju Tradisional dari Kabupaten Ngada
Tinju tradisional dari Kecamatan Boawae, Riung dan Soa-Mangeruda, yang dilaksanakan saat panen padi berakhir.
SELANCAR NEMBRALA
Kabupaten Rote Ndao
Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Nembrala Kecamatan Rote Barat Daya. Pantai ini memiliki gelombang yang berkelok-kelok serta berpasir putih.
RALLY LAYAR
Darwin-Kupang-Alor-Lembata-Riung-Sikka-Ende-Labuan Bajo.
Lomba layar internasional ini dilaksanakan tiap tahun pada bulan Juli dengan pesertanya berasal dari berbagai negara diseluruh dunia.
HOES NDEO
Kabupaten Rote Ndao
Upacara keagamaan yang secara tradisional dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus di desa Boni Kecamatan Rote Barat Laut (12 Km dari Ba’a). Merupakan upacara penghormatan kepada Dewa Laut dengan ketangkasan berkuda dan tari-tarian tradisional yang diiringi oleh musik tradisional, seperti gong, kebelai. Saat itu akan dilantunkan pantun dan nyanyian tradisional.
—————————–
[ AGUSTUS ]
—————————–
PESTA SENI BUDAYA TRADISIONAL
Kabupaten Ende
Pesta ini merupakan Festival Budaya Kabupaten Ende yang diikuti oleh hampir semua kecamatan di wilayah Kabupaten Ende. Biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus. Berlokasi di Kota Ende. Daya tarik dan obyek wisata lainnya di Kota Ende adalah Situs Bung Karno, Kampung Tradisional Wolotopo, Ngalupolo, Detusoko, Koanara serta yang paling luar biasa adalah Danau Tiga Warna Kelimutu.
PACUAN KUDA
Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.
Pacuan Kuda bertaraf nasional ini diselenggarakan di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.
FESTIVAL FLOBAMORA
Festival budaya akbar karena diikuti oleh 16 etnis dari Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Timur, diselenggarakan di Kabupaten TTS, Kabupaten Lembata dan Sumba Barat.
PAMERAN PEMBANGUNAN PERAYAAN HUT PROKLAMASI REPUBLIK INDONESIA
Kota Kupang.
Setiap tahun diselenggarakan di Arena Promosi Fatululi, Kota Kupang biasanya pada bulan Agustus. Acara ini melibatkan sektor kemasyarakatan, dunia usaha, dan pihak pemerintah Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Timur sehingga masing-masing dapat menampilkan produk dan karyanya sebagai hasil program pengembangan pemerintah.
PESTA SENI BUDAYA SIKKA
Kabupaten Sikka.
Berlangsung di Maumere yang diikuti oleh 40 sanggar seni se Kabupaten Sikka. Event ini merupakan wahana seleksi untuk festival seni budaya Flores-Lembata Nusa Tenggara Timur dan festival budaya nasional.
PASOLA HAUL
Kabupaten Sumba Barat.
Upacara adat dari Kecamatan Wanokaka, Loli dan Wewewa timur. Upacara ritual ini dilaksanakan sehabis panen padi di tengah sawah sebagai ekspresi kegembiraan masyarakat atas panen yang diperoleh.
—————————–
[ SEPTEMBER ]
—————————–
FESTIVAL PANEN KACANG HIJAU
Kabupaten Lembata.
Upacara ini memperingati leluhur dengan acara sakral yaitu dengan berpantun menyanyi lagu-lagu daerah yang diiringi dengan gong dan rebana.
LOKA PO’O
Kabupaten Sikka.
Dari Kecamatan Paga desa Wolowiro, Gaikun, Bu Utara, Bu Selatan, Lowofeo, Renggarasi, Nduaria Detumbingga dan Woloata. Upacara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut datangnya musim tanam padi dengan tujuan agar hasil padi berlimpah ruah.
—————————–
[ OKTOBER ]
—————————–
NGGUA UWI, JOKA JU DAN TEAS WELA
Kabupaten Ende.
Pesta adat yang dilaksanakan di Desa Detusoko, Kabupaten Ende minggu pertama bulan Oktober (Jumat s/d Minggu). Merupakan upacara pembukaan musim tanam, tolak bala dan pengucapan syukur atas hasil yang melimpah kepada leluhur.
LOMBA MANCING
Tablolong, Kabupaten Kupang.
Kegiatan ini bertempat di Tablolong, Kabupaten Kupang. Lomba mancing diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri.
PACUAN KUDA
Kabupaten Belu.
Pacuan Kuda tradisional yang dilaksanakan pada bulan Oktober berlokasi di Desa Tniumanu, Kecamatan Malaka Timur. Juga dilaksanakan ritual perarakan patung Bunda Maria ke Gua yang di Tubaki, Kecamatan Malaka Barat. Kabupaten Timor Tengah Utara
Biasanya diselenggarakan pada bulan Oktober berlokasi di Tanjung Bastian, Desa Humucu Kecamatan Insana Utara. Selain itu anda dapat mengunjungi kampung tradisional Tamkesi, Istana Raja Insana dan Gua Maria Bitauni.
TARIAN CACI
Kabupaten Manggarai Barat.
Tarian rakyat sebagai tanda ucapan syukur dan terima kasih atas keberhasilan di medan laga dengan adu kekuatan saling mencambuk menggunakan cambuk dari kulit ekor kerbau. Tarian ini dapat dipentaskan sewaktu-waktu di Pantai Pede, Labuan Bajo.
UPACARA RIPUT
Kabupaten Sumba Timur
Upacara adat proses pembuatan tenun ikat yang merupakan kain adat/pusaka yang berasal dari india sejak jaman purba. Berlokasi di desa Tabundun.
—————————–
[ NOVEMBER ]
—————————–
WULLA PODDU
Kabupaten Sumba Barat.
Acara adat menyongsong bulan suci/tahun baru bagi masyarakat pemeluk Marapu (agama asli di Sumba) yang dilaksanakan pada bulan November. Upacara ini diawali dengan pemotongab ayam oleh tua-tua adat dari masing-masing suku.
—————————–
[ DESEMBER ]
—————————–
PERAYAAN PERINGATAN HARI ULANG TAHUN PROVINSI NTT
Kota Kupang.
Diselenggarakan di Arena Promosi Fatululi, Kupang yang diisi dengan berbagai kegiatan hiburan, perlombaan melukis dan pameran.
TOJA BOBU
Kabupaten Kupang
Kecamatan Lela, pertunjukan sendratari tradisional yang menceritakan tentang Putri Raja Prinseja yang dilamar oleh Maskadar, saudagar Portugis.

(diolah dari beberapa sumber)

11 komentar:

Anonim mengatakan...

trima kasih informasinya

Constantin mengatakan...

wah aku baru tau ternyata banyak bgt acara2 di NTT..
makasih ya infonya :D

jelajahntt mengatakan...

Ok sama-sama.. Kami senang suguhan info dari kami bisa bermanfaat. Ini akan menambah semangat untuk bisa lebih baik lagi. Msh byk event2 lain yg tdk masuk dalam kalender karena sifatnya insidental spt upacara pendirian rumah adat, pengukuhan mosalaki (ketua adat), dsb. Smoga kelak bisa semakin lengkap..

mariana mengatakan...

bisa minta alamt ym gak?? ada yg mau saya tanyakan seputar ntt kab ngada :)

jelajahntt mengatakan...

Kami sdh melakukan lsg via email utk Sdri Mariana di email kami admin@jelajahntt.com

One of Bali Windsurfer mengatakan...

Tolong info-nya dong untuk tempat2 menginap di P.Sumba dan biayanya permalam. Supaya bisa membuat perkiraan berapa anggarannya kalau kita mau pergi berkunjung ke sana. Bagaimana dengan fasilitas ATM? apakah cukup mudah dicari? Jangan sampai kita kehabisan bekal, nanti bisa batal belanja kain tenunnya :-)

jelajahntt mengatakan...

Makasih atensi-nya.. Satu persatu masukan saya coba realisasi, namun pasti butuh wkt utk bisa realisasikan semua. Satu pengembangan adl pengecekan hrg tiket ke seluruh penerbangan domestik dan kota2 se-Asia (Powered by Utiket.com). Dlm wkt dekat kami merencanakan peta wisata dan tempat2 penting.. Smoga bisa terealisasi.

Sy jg sdh baca blog nya tentang windsurf-nya.. Sgt menarik!

dian mengatakan...

kalau event PESTA SENI BUDAYA SIKKA itu agustusnya tanggal berapa ya..??
dan acara pacuan kuda yang di Wini itu.., agustusan ada ngga ??

mohon infonya,
Makasih,
Dian

jelajahntt mengatakan...

Pesta Seni Budaya Sikka menjelang 17 Agustus, Kak Dian.. Tgl persisnya blm dpt info.. Untuk pacuan kuda nti coba kami lacak info-nya.. Makasih sdh singgah.. :-)

Anonim mengatakan...

Festival Baleo/berburu paus tepatnya tanggal berapa? adakah persewaan perahu yang siap mengantarkan wisatawan melhat secara langsung prosesi perburuan ukan paus.

jelajahntt mengatakan...

Untuk perburuannya sepanjang Mei s/d Oktober. Pada saat itu ikan paus bermigrasi krn perubahan suhu laut. Perburuan diawali dengan misa arwah tgl 30 April, utk mendoakan korban2 yg tlh gugur pada saat perburuan. Dilanjutkan 1 Mei upacara adat dan tgl 2 Mei pembukaan perburuan.

Begitu byk peledang (perahu tradisional) yg diparkir, selain utk memburu juga siap mengantar wisatawan ataupun wartawan yg mau meliput.

Namun, tahun 2012 kmrn ikan paus sangat sedikit Ada sorg wisatawan yg kami temui sudah 2 bulan disana belum menemukan ikan paus.

Semoga bermanfaat dan terima kasih atensinya..

Poskan Komentar