20120725

Liputan Perjalanan Kupang - Lembata


Peragaan Prosedur Keselamatan sebelum naik ke pesawat
Menuju Lembata dengan transportasi udara, tidak banyak pilihan pesawat selain menggunakan pesawat-pesawat kecil dari maskapai Susi-Air. Bagi yang sudah terbiasa dengan pesawat standar pada umumnya, mungkin akan sedikit aneh jika naik untuk pertama kali. Kursi pada pesawat ini hanya 12 buah ditambah dengan 2 kursi masing-masing untuk pilot dan co-pilot. Untuk memperagakan prosedur keselamatan penumpang dilakukan sebelum penumpang masuk ke pesawat.


Penerbangan dengan Susi-Air ini dipimpin oleh seorang kaptain pilot dari manca negara atau tenaga kerja asing. Mungkin pertimbangannya adalah masalah keamanan yang harus lebih diutamakan sehingga Susi-Air mengambil tenaga kerja asing yang dianggap lebih profesional. Jarak tempuh dari Kupang ke Lewoleba adalah satu jam. Saat take-off dan landing pesawat ini berjalan cukup mulus, namun selama terbang mungkin suara mesin agak bising. 

Bandara Wunopito khusus untuk pesawat kecil
Sayangnya, Susi-Air tidak melayani pembelian tiket secara online atau lewat agen, sehingga calon penumpang harus datang ke bandara untuk membeli tiket. Untuk memudahkan proses pembelian tiket dan untuk menjamin mendapatkan tiket, sebaiknya calon penumpang lebih dulu melakukan reservasi via telepon 08113813801 dan 08113813802 untuk pemesanan via Bandara Eltari Kupang.

KM Bukit Siguntang
Transportasi laut untuk menuju ke Lembata memiliki banyak pilihan, baik dengan kapal penyebarangan (feri) maupun kapal besar. Kapal penyebarangan menggunakan KMP Ile Boleng, berangkat dari Pelabuhan Bolok Kupang tiap hari Rabu siang. Adapun kapal besar, seperti KM Bukit Siguntang memiliki jadwal tersendiri yang bisa klik disini. Dalam hal tarif dan kenyamanan, kedua pilihan transportasi laut ini tidak jauh beda. Harga tiket keduanya cuma pada kisaran Rp 100.000,- s/d Rp. 200.000,- (perbandingan ini KMP Ile Boleng di VIP dan KM siguntang di klas ekonomi)

Tidak ada komentar:

Ayo berbagi informasi tentang traveling NTT, silahkan kunjungi Jelajah NTT di Facebook

Posting Komentar