Jumat, 04 November 2011

Sumber Air Panas Mengeruda Soa Ngada-Flores

(Koordinat: 8°42'30.84"S, 121° 5'12.11"E)

Gerbang masuk Sumber Air Panas Mengeruda

Lokasi Sumber Air Panas Mengeruda dekat dengan Bandara Soa, sehingga ketika kita menuju kesana akan melewati Bandara Soa. Perjalanan cukup lancar karena seluruh ruas jalan menuju lokasi kondisinya beraspal mulus.  Namun jalan harus hati-hati karena naik turun bukit dan berbelok-belok cukup tajam. Perjalanan memakan waktu sekitar 45menit dari hotel kami menginap di Kota Bajawa. Masuk ke lokasi wisata terlihat cukup menarik.
Namun setelah masuk kedalam lokasi ternyata tampak masih sedang banyak berbenah. Disana sini terlihat sedang dilakukan renovasi.

Kolam tempat sumber air panas berasal
Pada saat kami datang, hanya ada 2 orang pengunjung yaitu seorang ibu dan anaknya. Menurut teman kami, lokasi ini cukup ramai dikunjungi pada hari sabtu dan minggu. Turis-turis asing juga banyak yang datang. Kalau pun pada hari kerja masih ada beberapa pengunjung namun datang pada pagi hari dan sore. Pada saat kami datang adalah waktu siang sekitar jam 12.00 wita sehingga pengunjung sangat sepi.

Sumber air panas berada di kolam meskipun tidak tepat di tengah. Untuk masuk ke kolam air panas, dianjurkan untuk tidak langsung nyebur, tapi harus pelan-pelan. Badan akan terasa medidih untuk pertama kali masuk ke kolam karena harus menyesuaikan suhu. Lama kelamaan, badan bisa menerima panas dan apabila kita tenggelamkan badan akan terasa nyaman.

Kolam Renang Air Panas Mengeruda
Seorang teman yang mengantar kami mengaku, sering sekali dia berendam disitu. Dulu dia mengeluhkan sering mengalami pegal-pegal. Namun setelah sering berendam disitu, katanya pegal-pegal sudah tidak pernah kambuh lagi. Sampai sekarang dia suka berendam disitu, terbukti ketika kami mengajak ke Sumber Air Panas Mengeruda, dia bergegas mengambil pakaian ganti untuk berendam.

Lokasi wisata ini sudah dikelola oleh Pemerintah Daerah Ngada sejak tahun 2005. Pengelolaan cukup bagus, tapi mungkin karena dana terbatas jadi belum digarap maksimal. Pada bagian lain dari sumber air panas dibangun Kolam Renang yang cukup besar dari sumber air panas tersebut. Kelak ini akan menarik karena disamping untuk berendam yang berkhasiat menghilangkan pegal-pegal dan sakit kulit, juga bisa sambil berolah raga berenang.

Sebuah convention center juga sedang dibangun dengan konstruksi menggunakan bambu untuk seluruh bangunan. Gedung tersebut dinamakan Mengeruda Convention Center (MCC).  Kelihatannya Pemda Ngada  sangat serius membangun  Sumber Air Panas Mengeruda. Kelak lokasi ini akan ramai dikunjungi orang tidak hanya hari sabtu minggu.

Disamping Mengeruda, Kabupaten Ngada juga memiliki beberapa sumber air panas lain, yaitu; Jerebu’u, Manna di Mataloko dan Tukapela di Gou yang sekarang sedang dimanfaatkan oleh PLN sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Harapan kami kelak bisa meliput lokasi-lokasi tersebut sehinga bisa menjadi alternative kunjungan kita.

(HDI-jelajahntt.com)

Mari berbagi informasi, silahkan memberi komentar dibawah ini. Jika ada kekeliruan pada tulisan diatas akan kami koreksi.
Bagi Anda yang mengetahui potensi Wisata NTT dan bisa meliputnya, bisa mengirimkan email ke: admin@jelajahntt.com