Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia. Provinsi kepulauan ini sangat cocok untuk Anda jelajahi. Temukan sendiri sensasi keeksotisannya!

Berbagai macam alat musik tradisional yang Nusa Tenggara Timur miliki. Mulai dari Sasando sampai Foy Pay.

Kerajinan khas yang begitu banyak macamnya bisa melengkapi koleksi Anda. Ada tenun ikat, topi ti'i langga dan masih banyak lagi.

Komodo merupakan satwa yang menjadi salah satu icon Nusa Tengara Timur.

Selasa, 22 November 2011

Pesona Wisata 17 Pulau Riung, Ngada

(Koordinat ujung Dermaga : 8 24.650' S, 121 01.737' E )
Gugusan 17 pulau di Riung
Riung, Ngada terkenal dengan wisata 17 pulau-nya. Gugusan pulau yang tersebar di sekitar riung membuat banyak wisatawan berkunjung ke wilayah ini. Bagi yang hobi diving maupun snorkeling, Riung bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa diandalkan. Atau bagi yang hanya ingin berjalan-jalan keliling dengan perahu motor, melintasi belasan pulau sungguh sangat mengasyikkan. Air laut yang tenang membuat berperahu motor kecil sangat aman. Disamping itu, keindahan dasar laut  juga kelihatan dari atas perahu motor. Pulau Rutong, Pulau Bakau, dan Pulau Tiga menawarkan keindahan dasar laut ini.  Untuk diving, satu orang dikenakan Rp. 1,5juta untuk 2 tabung. Ini karena tiap pengguna tabung diving akan dikawal oleh satu orang pendamping. Peminat bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu, info lebih lanjut bisa melalui email: admin@jelajahntt.com

Berkunjung ke Pulau Kelelawar atau dikenal dengan Pulau Ontoloe

Pulau Kelelawar atau dikenal dengan Pulau Ontoloe
Salah satu pulau yang kami kunjungi adalah Pulau Ontoloe yang dikenal dengan Pulau Kelelawar. Pulau ini dihuni oleh ribuan kelelawar yang hidup bergelantungan diatas pohon. Ketika kelelawar-kelelawar ini terbang berbondong-bondong, seketika langit seperti gelap tertutup oleh ribuan kelelawar.  Kelelawar biasanya terbang menjelang malam untuk mencari makan dan pulang esok pagi. Namun untuk melihat sesaat bagaimana segerombolan kelelawar terbang biasanya pemilik perahu motor yang sekaligus pemandu mencoba membuat kegaduhan kecil baik dengan teriakan maupun mengeraskan suara mesin perahu motor-nya.

Sebagian kelelawar yang beterbangan
Beberapa pulau di Riung pernah dihuni ataupun dimanfaatkan untuk bercocok tanam oleh penduduk setempat. Pulau Ontoloe dimanfaatkan oleh penduduk untuk bercocok tanam. Bahkan Pulau Patah yang posisinya paling dekat dengan dermaga Riung dulunya adalah sebuah perkampungan dengan sebuah masjid. Namun oleh pemerintah setempat pulau-pulau tersebut diminta untuk dikosongi. Penduduk di pulau-pulau tersebut akhirnya diberikan lahan di wilayah pesisir Riung. Sampai saat ini, masih tersisa pekuburan penduduk yang terlihat di pesisir Pulau Patah. 

Menurut Pak Dukung, salah seorang penduduk setempat, pulau-pulau di Riung sebenarnya jumlahnya lebih dari 20 buah. Namun barangkali memang ada 17 pulau pilihan yang layak untuk tujuan wisata. Disamping pulau-pulau yang biasa disinggahi wisatawan untuk snorkeling dan diving, terdapat juga pulau-pulau lain seperti, Pulau Tembaga, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lenjawa, Pulau Halimah, Pulau Batu, Pulau Tawar, dan sebagainya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

saya dive di riung untuk 2 titik cuma mbayar 800rb kok mas.. tapi itu tahun 2010, gak tau kalo sekarang... :D

jelajahntt mengatakan...

Mungkin tarif sudah naik. Kalo info diatas saya dapat dari P. Dukung, pemilik perahu motor sekaligus warung dekat dermaga Riung..
Kalo Anda punya pengalaman, boleh dong di sharing lbh detail buat para peminat Jelajah NTT.. :-) OK, makasih info-nya..

agus34drajat mengatakan...

Mantap juga Gan untuk info Jelajah NTT nya, mengangkat budaya bangsa dan daerah, salut, semoga semakin berkarya...terimakasih sudah mampir dan koment di blog Agus, salam hangat dari daerah Khatulistiwa, Bornea bagian barat..

Ayo berbagi informasi tentang traveling NTT, silahkan kunjungi Jelajah NTT di Facebook

Poskan Komentar