20111107

Pantai Mananga Aba, Sumba Barat Daya

(Koordinat: 9°21'28.33"S, 119°18'5.23"E )

Pantai Mananga Aba atau Pantai Kita?
Banyak orang menyukai pantai karena anginnya yang semilir, pemandangan ombak bergulung-gulung dengan pasirnya yang lembut. Berjalan-jalan disepanjang pesisir dan bermain ombak selalu menjadi idola bagi siapa pun untuk melepas penat dari kesibukan aktivitas sehari-hari. Hal ini lah yang membuat pantai-pantai yang indah selalu ramai dikunjungi orang. Namun bagi yang menginginkan ketenangan saat berwisata pantai, pergi ke Pantai Mananga Aba adalah sebuah pilihan.  Pantai Mananga Aba memiliki pasir yang putih bersih dan luas dengan lengkung pantai yang indah, dengan suasana yang tenang karena belum banyak dikunjungi orang. Keindahan pantai ini tidak diragukan lagi terbukti  banyak bidang tanah di sekitar Pantai Mananga Aba sudah dikapling-kapling oleh para investor untuk usaha pariwisata.


Bermain ombak di Pantai Mananga Aba 
Jalan menuju ke Pantai Mananga Aba sudah beraspal dan cukup dekat dengan Waitabula, Ibukota Sumba Barat Daya.  Ketika kami datang pada Oktober 2010, Pantai Mananga Aba belum dikelola oleh Pemda sehingga untuk masuk ke lokasi tidak ada portal untuk meminta retribusi. Suasana tenang dan sepi, hanya terlihat beberapa orang nelayan yang sedang duduk-duduk. Pengunjung pantai untuk berwisata yang kami lihat hanyalah beberapa orang muda-mudi yang sedang duduk berkumpul membentuk lingkaran.


Pemda Kabupaten Sumba Barat Daya juga sudah membidik potensi parawisita di Pantai Mananga Aba. Mungkin agar nama pantai menjadi familiar, mereka akan mengganti nama menjadi Pantai Kita. Beberapa pihak kurang sependapat dengan penggantian nama ini, karena justru akan mengurangi keaslian dan ke-khas-an pantai ini. Kita tunggu saja, apakah nama pantai akan diganti atau tidak. Yang jelas, sebelum pantai ini diresmikan sebagai lokasi pariwisata tentunya sudah harus memiliki nama paten. Pemilihan nama sedikit banyak juga akan mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung.

(HDI-jelajahntt.com)


Mari berbagi informasi, silahkan memberi komentar dibawah ini. Jika ada kekeliruan pada tulisan diatas akan kami koreksi.
Bagi Anda yang mengetahui potensi Wisata NTT dan bisa meliputnya, bisa mengirimkan email ke: admin@jelajahntt.com

4 komentar:

ayu mengatakan...

Ombaknya seru juga, saya usul namanya tetap nama asli, pantai mananga aba, nama asli dari sana, ada artinya gak ?

Hamdan mengatakan...

Sepakat dengan Ibu Ayu.. Dengan nama daerah akan lebih asli dan khas.. Tp keputusan akan kembali ke pemegang kebijakan. Istilah daerah nanti akan saya coba cari tahu..

Anonim mengatakan...

Sebaiknya pertahankan nama aslinya.... Kemaren sy dan kwn2 di ajak ke pantai kita. Yg lain termasuk sy agak bingung... Kita suka foto n' nama mananga aba lebih familiar di telinga kami... Anak SBD yg pulang liburan kuliah aja malah tanya dimana letak tu pantai..kirain ada pantai yg baru lgi hehehhehehe

Hamdan Inami mengatakan...

Yup.. Setujuu.. Bagi org luar, nama khas akan lbh eksotik dan mengundang keingin-tahuan.. Termasuk cerita/mitos yg mungkin ada disana.. :-)

Ayo berbagi informasi tentang traveling NTT, silahkan kunjungi Jelajah NTT di Facebook

Posting Komentar