20111124

Labuan Bajo , Manggarai Barat

(Koordinat dermaga :  8°29'34.71"S, 119°52'36.88"E)
Dermaga Labuan Bajo dilihat dari Google Earth
Kabupaten Manggarai Barat memiliki ratusan pulau yang tersebar di wilayah kabupaten. Pulau Komodo hanyalah salah satu dari sekian banyak pulau di Labuan Bajo – Manggarai Barat. Untuk mencapai Pulau Komodo pun sepanjang perjalanan akan melewati belasan pulau kecil disisi kanan dan kiri. Pengelolaan Taman Nasional di kawasan tersebut juga meliputi  tiga pulau, yaitu disamping Pulau Komodo itu sendiri juga ada Pulau Rinca dan Pulau Padar. 




Komodo, reptil raksasa yg (tampak) pemalas
Komodo tidak hanya dijumpai di Pulau Komodo, tapi juga terdapat di Pulau Rinca. Populasi komodo di Pulau Komodo sebanyak 1.288 ekor  dan di Pulau Rinca tidak jauh beda sebanyak 1.200-an ekor. Pulau komodo berjarak 3-4 jam perjalanan dengan perahu motor, adapun Pulau Rinca tidak lebih dari satu jam. Mengenai komodo, di Riung juga terdapat binatang mirip komodo yang dikenal dengan nama “mbou”. Perbedaannya hanya pada warna kulit saja, kulit mbou berwarna agak kemerahan.  Mbou masih liar dan tidak diketahui populasinya, sedangkan komodo telah dikelola dan dikonservasi dengan baik.


Pulau Padar tampak hijau dan berpasir putih yg luas
Bagi yang kurang tertarik dengan reptil raksasa tersebut, Labuan Bajo juga memiliki banyak pilihan wisata bahari dan juga wisata budaya. Wisata bahari berupa snorkeling dan diving menikmati indahnya taman laut, maupun sekedar bersantai diatas pasir putih yang lembut sambil ramai-ramai bakar ikan di sebuah pulau. Hal ini lah yang sedang menjadi wacana model pengelolaan Taman Nasional Komodo kedepan yaitu dengan metode zonasi. Pulau Komodo, Pulau Rinca dan pulau-pulau sekitarnya diarahkan untuk menjadi kawasan konservasi. Adapun untuk pariwisata akan difokuskan di Pulau Padar yang memiliki pesisir dengan pasir putih yang luas dan dataran dibelakang pantai yang cukup subur.
 
Salah satu pulau yang digemari oleh wisatawan adalah Pulau Pasir Merah. Disebut Pulau Pasir Merah karena memiliki pasir putih yang agak kemerahan. Dari kejauhan tampak gazebo dibangun di pesisir pulau tersebut. Namun karena Pulau Pasir Merah belum memiliki dermaga, untuk singgah ke pulau tersebut pengunjung harus berbasah-basah dengan berenang terlebih dahulu karena perahu tidak bisa mendekat hingga pesisir. Tentunya tidak akan rugi untuk masuk ke air dan berenang, karena Pulau Merah memiliki terumbu karang yang indah. Sehingga jika pengunjung ingin singgah di Pulau Merah, perlu ditanyakan kepada awak perahu tentang ketersediaan peralatan snorkeling di perahu tersebut.

Untuk melihat peta di google maps, silahkan klik disini.

Tidak ada komentar:

Ayo berbagi informasi tentang traveling NTT, silahkan kunjungi Jelajah NTT di Facebook

Posting Komentar