20111106

Jelajah Online dengan Google Earth

Sebelum memulai menjelajah, ada baiknya mempelajari dulu lokasi yang akan dituju. Dengan mengetahui gambaran lokasi, penjelajahan akan lebih efektif. Salah satu hal yang harus diketahui terlebih dahulu adalah rute perjalanan. Penggunaan peralatan navigasi yang canggih seperti GPS (Global Positioning System) akan sangat membantu sebagai penunjuk arah. Peralatan lain yang lebih murah yaitu dengan menggunakan peta. Namun akan banyak peta yang harus dimiliki setiap akan menuju ke lokasi yang baru. Dengan bantuan Google Earth, lokasi akan mudah diketahui sebelum memulai penjelajahan. Jelajahntt.com juga dilengkapi titik koordinat lokasi yang bisa di-copy-paste ke Google Earth untuk mengecek keberadaan lokasi di peta. Untuk mengunduh Google Earth bisa diklik di tautan berikut :
 http://www.google.com/earth/download/ge/agree.html

Meng-install dan mengoperasikan Google Earth




Tautan diatas akan membawa halaman seperti disamping. Klik tombol  Agree and Download sehingga  browser akan men-dowload software tersebut apabila kita setuju. File download berupa aplikasi (berekstensi  *.exe) bisa di-dobel klik untuk menginstall. Tunggu beberapa saat hingga proses install selesai. Google Earth siap dijalankan melalui menu start program.


Untuk melihat lokasi di jelajahntt.com, blok titik koordinat lokasi yang tertera dibawah judul artikel, kemudian copy dengan Ctrl C. Buka Google Earth, letakkan pointer pada kotak Fly To  dan  tekan enter. Maka bola dunia Google Earth akan bergulir dan membawa kita seperti terbang ke lokasi tersebut. Beberapa foto juga bisa ditemui di lokasi tersebut. Foto yang ada berasal dari member Panoramio.com yang mengupload foto-foto yang ditempatkan pada lokasi titik koordinat tersebut. Jelajahntt.com juga telah menjadi member Panoramio.com dan sedang memperbaiki foto-foto untuk ditempat pada lokasi sesuai koordinat lokasi.





Semoga bermanfaat..... :-)

(Hamdan/jelajahntt.com)

Tidak ada komentar:

Ayo berbagi informasi tentang traveling NTT, silahkan kunjungi Jelajah NTT di Facebook

Posting Komentar