Minggu, 08 Mei 2011

Kampung adat Tosi Kodi Sumba Barat Daya

(Koordinat: 9°45'41.42"S, 119°21'50.59"E )
Kampung Adat Tosi, Kodi Sumba Barat Daya
Sumba memiliki kepercayaan asli yang disebut Marapu. Kepercayaan tersebut mewarnai seluruh budaya Sumba, seperti yang terlihat dalam foto yaitu kubur batu. Pada jaman dahulu, kubur batu adalah batu dari alam yang pengerjaannya bisa memakan waktu berbulan-bulan. Sebelum batu itu selesai dikerjakan, jenasah diawetkan dg mumi tradisional dan diselimuti kain-kain adat.
Penguburan orang Sumba menghabiskan puluhan juta rupiah. Bahkan apabila yg meninggal adalah orang kaya atau orang besar, biaya penguburan bisa menelan ratusan juta rupiah.



Ketua Adat Tosi (duduk bersila)
Mencoba menemui Ketua Adat di Kampung Adat tosi, ternyata beliau sangat ramah. Begitu melihat kami akan menemui, beliau buru-buru mengenakan ikat kepala sebagi bentuk menghormati tamu.

Wilayah ini juga terkenal dengan tradisi Pasola, yaitu bertarung menggunakan tombak diatas kuda. Ketika pertarungan berlangsung bisa saja petarung terluka dan bisa juga sampai meninggal. Namun saat ini, tombak tidak boleh lagi diberi ujung yang tajam. Apabila petarung terluka, seorang dukun yang mendampingi akan langsung bertindak untuk membasuhnya dengan sebuah air ajaib. Apabila luka tersebut terkena air ajaib yang dibawa si dukun, seketika itu juga luka akan langsung sembuh. Begitu yang diceritakan oleh masyarakat sekitar. Kelak jelajahntt.com akan meliput acara tradisi Pasola secara langsung. Semoga harapan ini bisa terwujud.


Gambar di samping ini adalah tempat di langsungkannya tradisi Pasola. Lokasinya di dekat Kampung Adat Tosi, Kodi Sumba Barat Daya. Lokasi ini jika di jelajah online melalui Google Earth, bisa copy-paste titik koordinat berikut: 9°45'41.42"S, 119°21'50.59"E







(HDI-jelajahntt.com)

Mari berbagi informasi, silahkan memberi komentar dibawah ini. Jika ada kekeliruan pada tulisan diatas akan kami koreksi.
Bagi Anda yang mengetahui potensi Wisata NTT dan bisa meliputnya, bisa mengirimkan email ke: admin@jelajahntt.com

Tidak ada komentar:

Ayo berbagi informasi tentang traveling NTT, silahkan kunjungi Jelajah NTT di Facebook

Poskan Komentar